Created (c) by Princexells Seyka (Princelling Saki)
 

Rabu, 13 Maret 2013

Senjata Tradisional Provinsi Riau


Orang Melayu Riau mengenal berbagai jenis senjata tradisional, yang dikategorikanke dalam senjata pendek (seperti jembia, keris, belati, badik, beladau, dan sabit)serta senjata panjang (tombak, kojou, pedang, seligi, dan sundang). Senjata-senjatatersebut tidak mutlak diperlukan.Dari sekian banyak jenis senjata tradisional yang ada, yang banyak dimilikimasyarakat adalah jenis pedang, tombak, keris, dan badik. Pedang ‘jenawi’merupakan sejenis senjata pedang yang dipergunakan oleh para panglima perangtempo dulu. Jenis senjata badik (sekin) yang umum digunakan adalah ‘tumbuk lada’, yang bentuknya seperti keris tetapi ukurannya lebih pendek. Senjata ini digunakanuntuk berperang dan keperluan sehari-hari. Pada mata badik yang untuk berperangsering diolesi dengan racun. Penggunaan badik untuk melawan musuh tersirat dalamungkapan:
“Bila badik telah ditarik dari sarungnya, maka harus ditikamkan pada suatu benda atau binatang. Barulah kemudian badik dimasukkan pada sarungnya ”.

Ungkapan inimenggambarkan, orang Melayu Riau pantang menyerah dalam menghadapi segalatantangan.Contoh beberapa gambar senjata tradisional provinsi Riau :


1 keris
2 sabit
3 beladau
Makanan Khas Provinsi Riau
Masakan, makanan Khas Riau memang tidak jauh beda dengan makan khas,kuliner, di-beberapa daerah Indonesia seperti Sumatra Barat, Kalimantan, sertasaudara mudanya Kepulauan Riau.Walaupun begitu Kuliner, Masakan Khas Riau tetap memiliki ciri khas dibandingkanmasakan daerah lain. Seperti salah satu masakan khas Riau berupa Sambal terungAsam. Kuliner ini juga terdapat di Kalimantan. Lalu gulai asam pedas ikan patinmungkin juga dapat ditemukan daerah Sumatra lainnya.Berikut daftar menu kuliner, masakan Riau beserta resepnya yang-bisa ditemukandi-berbagai tempat Bumi Lancang Kuning :
-Gulai Asam Pedas Ikan Patin, Masakan Khas Riau daratan
-Gulai Belacan, Masakan Khas Riau pantai timur Sumatra
-Gulai Sayur Lemak Kuah Santan, Kuliner Khas Riau
-Sambal Terung Asam, Masakan Khas Melayu Riau
-Bacah Daging, Kuliner - Makanan Khas Riau
-Gulai Belacan Udang - Makanan Khas Riau

2 komentar:

Anonim mengatakan...

gan,. Tumbuk Lada itu bukan senjata tradisional asal Riau, tapi "Tumbuk Lada" merupakan senjata tradisional khas suku "Karo" di "Tanah Karo" Sumatera Utara. tolong di ralat.. Thanx.

Unknown mengatakan...

Keris ataupun badik tumbuk lado merupakan senjata khas Riau bukan senjata daerah Karo

Posting Komentar